Perjalanan Menuju Universitas Negeri Semarang - Yosi Gumala

Belajar melalui Seluruh Semesta

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, April 2, 2014

Perjalanan Menuju Universitas Negeri Semarang

Selamat datang di kota Lumpia Semarang, kota yang indah dan menawan yang menjadikan diri sebagai magnet dalam menarik pelajar dari berbagai penjuru di nusantara untuk menimba ilmu. Semarang merupakan kota pelabuhan dagang dan niaga yang penting di Indonesia. Sebagai ibukota provinsi Jawa Tengah Semarang, Semarang menjadi kota yang sibuk dalam kepemerintahan, ekonomi, perdagangan, pariwisata, dan pusat pendidikan. Kota Semarang menjadi alternatif dalam melanjutkan jenjang pendidikan khususnya perguruan tinggi baik negeri maupun swasta. Hal ini dikarenakan Semarang memiliki banyak kampus dan bahkan diantaranya menjadi Top Rank University. Kategori untuk kampus negeri (state) adalah Universitas Diponegoro, Universitas Negeri Semarang, IAIN Walisongo, Politeknik Negeri Semarang. Sedangkan untuk kampus Swasta (Private) seperti Unviersitas Dian Nuswantoro, Universitas Islam Sultan Agung, Uniersitas Katolik Soegijopranoto, Universitas Semarang, Untag, dan IKIP PGRI Semarang. Selain kampus Semarang juga memiliki sekolah kedinasan dan Vokasi seperti Akademi Kepolisian, Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang, Akademi Maritim Niaga, Stimart, Stekom dan masih banyak lagi. Keseluruhan dinamika ini menjadi Semarang menawarkan keberagaman dan keramahan orang jawa yang ramah dan toleran terhadap budaya. Hal ini juga didukung letak geografif Semarang yang strategis diapit oleh dua kota besar di Indonesia seperti Jakarta dan Surabaya, serta letak proinsi yang berada ditengah pulau jawa dan berbatasan langsung dengan Jawa Barat, Jawa Timur dan Yogyakarta. Kondisi demikian ini yang menjadikan semarang sebagai pilihan untuk dipilih sebagai kota pendidikan, salah satunya kampus yang dalam taraf berkembang menjadi world class university ,Universitas Negeri Semarang (UNNES).

Kota Semarang Kawasan Tugu Muda dan Lawang Sewu
Saya akan mencoba mengambarkan perjalanan menuju Universitas Negeri Semarang, hal ini khusunya untuk saudara yang menjadi mahasiswa baru maupun tamu yang akan menuju UNNES. keseluruhan akses menuju Semarang dapat ditempuh melalui jalur darat, laut, maupun udara. Jalur darat dapat ditempuh denga Bus melalui Terminal Terboyo Semarang (utara), Terminal Ungaran (selatan), maupun kawasan Simpang Lima, Sedangkan untuk kereta api dapat melalui stasiun Poncol (Ekonomi) dan Stasiun Besar Tawang (Eksekutif). Jalur laut bisa ditempuh melalui pelabuhan Tanjung Emas Semarang, sedangkan jalur udara dapat langsung melalui bandara Internasional Ahmad Yani Semarang. Angkot (angkutan kota) merupakan pilihan utama kendaraan umum menuju selain Bus Trans Semarang maupun Taksi. 

Gerbang UNNES Sampangan
 Grbang Sampangan merupakan titik awal memasukiKawasan UNNES, ini dikarenakan letak gerbang berada dibawah bukit letak kampus universitas negeri semarang. Selama perjalanan menuju gerbang sampangan ini terdapat banyak petunjuk arah yang mengarahkan saudara menuju UNNES sepert unnes 4 KM, UNNES 8 KM, UNNES 2 KM,dan masih banyak lagi. Setelah melewati gerbang ini saudara akan berkendara melalui bukit dan jalan dengan kontur tanah yang naik.

Jalan Menuju Kampus UNNES adalah dengan menaiki bukit. Kita dapat merasakan suasana hijau dan asri selama menuju kampus UNNES. Jalan ini ibarat "Perjuangan Meraih Bangku Perguruan Tinggi yang harus dilewati dengan penuh tanjakan dan rintangan". dan setelah itu maka sampailah di pertigaan kecil mengarah kejalan Taman siswa kompleks fakultas dan Rektorat UNNES.

Gerbang Kecil UNNES

Melalui pertigaan ini kita akan terhubung dua jalan jika lurus akan mengarah pada rektorat kampus sedang untuk belok akan menuju beberapa fakultas, BNI UNNES, dan Pemukiman warga dan kompleks kost-kostan mahasiswa.
Gerbang Utama UNNES
Gerbang Utama menjadi pintu masuk yang paling primer jika mengunjungi UNNES. Hampir seluruh tamu yang datang ke Universitas Negeri Semarang melewati bangunan ini. selain dekat dengan central parking (pusat parkir kampus) ditempat ini juga terdapat pemberhentian bus kampus. selain itu terdapat post satpam (security) dan informasi disini 

Rektorat UNNES

Tugu Sutera
Memasuki Gerbang Utama kita akan menjupai kawasan rektorat yang terdiri dari Gedung Rektorat, Perpustakaan Pusat, Auditorium, dan taman Sutera (Sehat, Unggul, Sejahtera). Tugu Sutera merupakan landmark dari Universitas negeri Semarang, letak Tugu Sutera berada tepat didepan Rektorat.
Auditorium UNNES

Perpustakaan Pusat UNNES
Auditorium menjadi titik awal bagi mahasiswa baru memasuki kampus, saat itu saya juga melakukan registrasi dengan ribuan siswa yang berhasil lolos ujian masuk perguruan tinggi. Ditempat ini sering sekali diselengarakan berbagai even sepertiPenganugrahan honoris causa, Pengukuhan guru besar, Dies Natalis, Pagelaran Seni dan Kreativitas Mahasiswa serta berbagai seminar. Sama halnya dengan perpustakaan pusat juga menjadi bahan referensi dalam kegiatan ilmiah disamping itu perpustakaan pusat menjadi kantor Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (LP2M) dan Pusat KKN Mahasiswa.






No comments:

Post a Comment