Mahasiswa Berprestasi PGSD Indonesia (1) - Yosi Gumala

Belajar melalui Seluruh Semesta

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Wednesday, April 2, 2014

Mahasiswa Berprestasi PGSD Indonesia (1)

Perjalanan menempuh seleksi mahasiswa berprestasi kategori PGSD Indonesia bermula disini, malam hari saya mendapat telpon dari mas Galih yang merupakan kakak tingkat dikampus. Mas Galih adalah salah satu pengurus IKMA PGSD (Ikatan Mahasiswa PGSD Indonesia) organisasi asosiasi mahasiswa PGSD Se-Nusantara.
Saat malam hari telfon, kalau tidak salah kondisinya saat itu saya baru pulang dari kampus dengan kegiatan yang cukup capek. Singkat cerita mas galih memberitahu untuk mengunduh file kelengkapan dan format dengan berbagai macam bentuk dan berkas yang kesemuanya ribet. waduh tambah capek dengan estimasi waktu 5 hari dan sudah di kirim kepada panitia Universitas Pendidikan Indonesia bandung.
Banyak berkas yang harus dipersiapkan seperti karya tulis ilmiah, abstrak dan ringkasan baik dalam bahasa inggris maupun Indonesia. selanjutnya adalah piagam kejuaraan baik dari tingkat universitas sampai tingkat nasional/ internasional. Piagam atau sertifikat pendukung lain yang perlu dipersiapkan adalah sertifikat seminar (baik yang berada ditingkat jurusan sampai Internasional), seminar pelatihan/ workshop/ training dan sertifikat kepanitiaan dalam organisasi baik ekstra maupun intrakulikuler.
Kesemua berkas sudah harus dijilid rapi dan dikirim tepat pada waktunya. wah jika sampai telat bisa terkena diskualifikasi atau pengurangan nilai.
Berkas yang dikumpulkan yang banyak ditambah waktu persiapan yang mepet membuat saya harus rela pontang panting belum untuk mendapatkan pengesahan dari birokrat yang harus warawiri. Lima hari masa persiapan dan pengiriman saya lakukan dengan full energy yang ada. Ini dikarenakan pesan dan amanah yang khusus dari Mas galih yang menghendaki saya untuk total.

Logo IKMA PGSD INDONESIA
Even Serupa juga pernah diadakan ikatan mahasiswa PGSD yang pada mulanya hanya berdomisili dan berkegiatan diseputar jawa. Even pemilihan mahasiswa berprestasi PGSD Indonesia merupakan pengembangan lebih lebih luas dari even serupa dua tahun lalu. yaitu mahasiswa berprestasi PGSD Se-Jawa. Dilihat dari nama dan tagline saja kita sudah tahu yaitu kometisi pemilihan mahasiswa berprestasi PGSD di kawasan pulau Jawa, kenapa demikian bukankah PGSD hampir berada diseluruh kawasan di Indonesia dengan rentang Sabang sampai Merauke? Jawabannya adalah karena awal mula pendirian status program studi PGSD S1 yang merupakan peralihan dari D2 baru dimulai tahun 2006/2007, kegiatan kemahasiswaan belum sepenuhnya berjalan penuh, universitas yang baru membuka prodi ini pun hanya beberapa khususnya kampus eks IKIP yang mempunyai basis keilmuan dibidang pendidikan dan universitas dengan fakultas keguruan yang sudah lama punya ketersediaan komponen yang mendukung pembukaan program studi ini. Atas dasar keinginan untuk maju beberapa delegasi kampus membuat kegiatan dan perhimpunan bersama yang bermula dari kampus-kampus dijawa, lalu seiring berkembangnya prodi dan keterjangkaun informasi maka berdirilah IKMA PGSD yang diselengarakan kongres nasional di UM Malang. (mohon dikoreksi jika ada kesalahan tentang sejarah IKMA teman-teman :))


Okay, lanjut cerita setelah berletih-letih akhirnya..... "Sebendel Map Cokelat" sudah siap saya kirim dan jilid rapi...
sudah bertuliskan sekertariat panitia pemilihan Mawapres PGSD Indonesia, Univ Pendidikan Indonesia jl setia budi bandung...
H-1 deadline dan semua baru rampung pukul 5 sorean jadi langsung berangkat ke kantor J*E di dekat markas Golkal Semarang yang memastikan saya bahwa kiriman bisa sampai tepat waktu...
huuh...selamat

dan terkirimlah saatnya menunggu apakah saya lolos masuk 10 besar... kita tunggu ceritanya
bersambung part 2



No comments:

Post a Comment