Blog Tempat Menulis Sesuka Hati tapi Beretika - Yosi Gumala

Belajar melalui Seluruh Semesta

Home Top Ad

Responsive Ads Here

Friday, July 11, 2014

Blog Tempat Menulis Sesuka Hati tapi Beretika

Menulis..., yah menulis adalah kegiatan yang menyenangkan karena dengan menulis kita dapat bebas dalam berekspresi dan menyampaikan ide kita kepada orang lain. Bahasa tulisan bisa disebut bahasa yang lebih halus dibanding secara verbal tetapi kekuatan yang timbul sangatlah dahsyat. Hal ini bisa kita temui dalam kegiatan sehari-hari khususnya bulan-bulan ini dimana Kampanye pilpres maupun hasil yang Quick count yang berbeda. hampir semua orang ingin mengabarkan berita yang ada melalui berbagai media baik audio, visual, maupun keduanya tetapi banyak diantara mereka yang banyak menuliskan mengena gagasan atau opini yang hanya berdasarkan pada keluh kesah mereka saja tanpa mengetahui apa yang sebenarnya terjadi dan kejadian sesungguhnya. Ini dapat kita lihat melalui perdebatan panjang di media sosial, banyak sekali dari mereka sangat fanatik terhadap calon dan pasangan masing-masing.


Memang menulis di media sosial bahkan Blog adalah kegiatan yang suka-suka dan terserah kita mau menulis apa dan mau dibawa pendapat kita, baik itu pendapat yang entah baik, opini yang entah fakta nya berujung dimana maupun gagasan yang sembarang menyadur tanpa mengetahui informasi. Sehingga pada akhirnya kita reaksi yang timbul dapat menimbulkan opini baru yang salah kaprah dan penyampaian informasi yang tidak karuan  (tidak jelas). kita yang hidup di era digital ini sudah dapat mengetahui bahwa kekuatan tulisan melalui internet sangatlah besar dalam mempengaruhi opini publik, Jika gagasan kita merupakan opini yang baik atau tulisan yang baik sudah tentu reaksi yang ditimbulkan juga baik. Tetap manakala opini yang kita berikan kurang sesuai dan tidak ada fakta yang jelas ini sudah menuju pencemaran nama baik maupun penyebaran isu hitam.

Sebagai seorang yang peduli terhadap blog, saya sadar bahwa menyatakan kebebasan opini maupun pendapat di khalayak umum melalui media blog sangatlah sah-sah saja. tetapi akan lebih baiknya jika dalam menulis kita masih menjaga etika dan tutur sopan santun dalam menulis. mengcopy paste dari sumber yang kurang jelas saja sudah menurunkan etika kita sebagai blogger apalagi mengcopy sekaligus menjelek-jelekkan orang lain.

Mari kita menjadi blogger yang cerdas dan beretika.

No comments:

Post a Comment