Tips Belajar Mahasiswa Jurusan Kependidikan

, , No Comments
Menjadi mahasiswa merupakan impian hampir seluruh siswa yang telah lulus dari bangku SMA sederajad. Bisa dibilang status “mahasiswa” memiliki daya pikat sendiri bagi sebagian kalangan yang menandakan akan kemampuan akademik seseorang. Setelah menempuh program belajar selama 12 tahun dalam pendidikan dasar dan menengah keinginan untuk menjadi melanjutkan diri kejenjang pendidikan tinggi merupakan dambaan, sebagian akan memilih program studi sesuai bakat dan minat, sebagian lagi karena alasan gengsi atau ikut-ikutan. Mahasiswa berdasarkan keilmuannya biasanya dikelompokan menjadi 3 bagian besar yaitu rumpun IPA yang meliputi ilmu sains, matematika, teknik, rekayasa, dan informatika. Rumpun IPS seperti sosial, politik, budaya, dan seni. Lalu ada Bahasa yang lebih condong dalam ranah IPS seperti sastra dan literatur, akan tetapi dari ketiga ranah yang ditawarkan ada sebagian yang berpendapat bahwa ada kelompok yang bisa membawahi seluruh keilmuan yang ditawarkan yaitu kelompok/ rumpun pendidikan.

Rumpun pendidikan meliputi berbagai ranah yang dispesialisasikan kedalam berbagai kelompok ilmu seperi IPA, IPS, dan Bahasa. Dalam perkembangannya ranah ilmu pendidikan saling bersinggungan dan tidak berdiri sendiri ini dikarenakan hubungan yang terjad selama belajar ilmu pendidikan tidak sebatas pada pencapaian ilmu yang dimiliki tetapi juga cara berhubungan dengan individu maupun kelompok/ masyarakat. perkembangan perguruan tinggi program ilmu pendidikan di Indonesia berkembang dalam universitas eks IKIP (institute keguruan dan ilmu pendidikan) yang sekarang berubah nama menjadi universitas seperti Universitas Negeri Medan, Universitas Negeri padang, Universitas Negeri Jakarta, Universitas Pendidikan Indonesia, Universitas Negeri Semarang, Universitas Negeri Yogyakarta, Universitas Negeri Surabaya, Universitas Negeri Malang, Universitas Negeri Makassar, Universitas pendidikan Ganesha, Universitas Negeri Gorontalo, Universitas Negeri manado.

Berikut merupakan beberapa tips saat menjadi mahasiswa jurusan Pendidikan
1.     Mulai Sadar dan Peduli
Umumnya mahasiswa Pendidikan yang saya temui adalah mereka yang kurang mengerti kenapa memilih program pendidikan. Ada yang alasan ikut, karena orang tua, atau karena tidak ditrima dijurusan yang lain. Dalam hal ini mahasiswa harus mulai sadar bahwa pilihan adalah sebuah tanggung jawab diri artinya mau tidak mau mahasiswa yang bersangutan harus berupaya menjadi figur seorang pendidik bahwa dirinya kini menjadi panutan dan teladan muridnya kelak dikemudian hari.


2.     Belajar dengan sungguh-sungguh sesuai keilmuannya
Ada yang stigma yang berkembang bahwa mahasiswa jurusan kependidikan cenderung dangkal keilmuan dasarnya dibanding yang murni. Penjelasannya mahasiswa yang berada dalam prodi pendidikan matematika dengan prodi matematika akan ada pandangan bahwa yang berada diprodi matematika (murni) lebih pintar dibanding pendidikan matematika (kependidikan). Hal ini jelas pendapat yang salah ini dikarenakan spesialisasi matematika murni dikelompokan kedalam kelas yang khusus sedang pendidikan matematika mempelajari secara keseluruhan ditambah dengan metode mengajar, kurikulum dan ilmu pendidikan. Jadi jika kita kuliah dijurusan matematika akan ada kluster minor spesialisasi seperti matematika ekonomi, statistik dsb. Sedangkan jika dijurusan pendidikan matematika akan mempelajari matematika dan ilmu pendidikan sehingga ketika kita belajar dijurusan kependidikan maka penguasaan kompetensi akademik harus digali lebih dalam dan juga mempelajari ilmu pendidikan sebagai bekal mengajar.

0 komentar:

Posting Komentar